SEJARAH, PERKEMBANGAN DAN KUALITAS GETUK GORENG H TOHIRIN SOKARAJA SERTA CARA PEMBUATAN GETUK GORENG SOKARAJA



SEJARAH, PERKEMBANGAN DAN KUALITAS GETUK GORENG H TOHIRIN SOKARAJA SERTA CARA PEMBUATAN GETUK GORENG SOKARAJA

         Salah satu cemilan khas Banyumas yang terbuat dari bahan utama singkong yang sudah cukup terkenal tidak hanya di daerah Banyumas dan sekitarnya, akan tetapi sudah merambah seantero Indonesia bahkan sudah mencapai luar negeri. Kuliner asli Banyumas yang berbahan utama singkong atau ketela pohon Jawa ini terkenal dengan nama Getuk Goreng SokarajaGetuk Goreng Sokaraja paling enak bisa kita temui di Kabupaten Banyumas atau Purwokerto yaitu Getuk Goreng H. TohirinGetuk Goreng H. Tohirin ini menjadi sangat spesial karena membuka 10 cabang toko yang semuanya dibuka di JL. Jendral SoedirmanSokaraja.
        Getuk Goreng yang sudah berdiri sejak tahun 1918 ini memang memiliki rasa yang sangat khas karena getuk ini lebih gurih, empuk dan manis dari getuk goreng kebanyakan. Dengan cita rasa yang manis, gurih, dan mengenyangkan, Getuk Goreng Sokaraja cocok sebagai cemilan sekaligus pendamping minuman panas, seperti kopi, teh, jahe, dan susu. Saat musim tahun baru, liburan sekolah, menjelang dan sesudah lebaran, kawasan yang menjadi pusat oleh-oleh di sepanjang Jalan Sudirman Sokaraja banyak diserbu oleh wisatawan yang ingin berburu Getuk Goreng.
       Jika awalnya Getuk Goreng hanya memiliki rasa original dari gula jawa. Seiring dengan perkembangan jaman dan permintaan pasar, pemilik getuk goreng Sokaraja berinovasi dengan menciptakan berbagai varian rasa, seperti rasa coklat, rasa nangka dan rasa durian tanpa meninggalkan bahan baku utamanya yaitu singkong atau ketela pohon. Dengan banyaknya variasi rasa membuat kita menjadi lebih ketagihan untuk menikmatinya.
Proses pembuatan Getuk Goreng Sokaraja ini terbilang cukup mudah dan tidak menggunakan peralatan khusus. Semua proses pembuatan getuk goreng menggunakan bahan dan peralatan tradisional. Disamping untuk menjaga cita rasa yang khas, penggunaan peralatan tradisional ini bertujuan untuk menghindari adanya proses yang tidak terkontrol. Dengan kata lain Getuk Goreng Sokaraja ini dibuat dengan seratus persen menggunakan tangan manusia tanpa campur tangan mesin (hand-made).
       Singkong sebagai bahan utama pembuatan Getuk Goreng Sokaraja ini haruslah dipilih dari singkong pilihan dengan tempat panen yang sama. Hal ini dikarenakan, perbedaan tempat panen akan menghasilkan perbedaan rasa yang akan dihasilkan. Bahan selanjutnya adalah gula jawa atau gula merah. Pemilihan jenis gula jawa juga sangat penting, karena fungsinya sebagai bahan pemanis alami. Gula jawa harus didatangkan dari tempat yang sama juga, dengan tujuan untuk menghindari gula jawa yang proses pembuatannya di campur dengan pemanis buatan, sehingga manisnya tidak akan berbahaya bagi kesehatan manusia.
       Dengan harga yang ekonomis yaitu Rp 8 ribu hingga Rp 10 ribu, Anda sudah dapat membawa pulang satu besek kecil yang berisi getuk goreng kurang lebih 4 ons. Selain harganya murah untuk kesehatan juga terjaga karena menggunakan bahan yang alami tanpa pengawet buatan. Makanya jangan heran jika anda melewati kota Sokaraja anda akan melihat berderet toko-toko penjual Getuk Goreng asli Sokaraja. Rasa yang enak, manis dan gurih memang cocok membuat getuk goreng menjadi oleh – oleh untuk keluarga ataupun cemilan. Saat ini, getuk goreng asli Sokaraja bisa dijumpai di kota-kota besar seperti di Jakarta, Bandung, Bogor, Surabaya, Semarang, Purwokerto dan lain sebagainya.
SEJARAH GETUK GORENG H TOHIRIN
      Getuk goreng sokaraja merupakan penemuan yang tidak disengaja oleh
Bapak San Pirngad pada tahun 1918. Bapak San Pirngad adalah penjual nasi
rames di daerah sokaraja, getuk basah merupakan salah satu  produk yang dijual olehnya Berawal dari  sisa getuk basah yang tidak habis dijual, muncul ide dalam
pikiran Bapak San Pirngad untuk mengolah kembali dagangannya tersebut menjadi makanan
getuk goreng. Pada kurun waktu antara tahun 1918  hingga tahun 1923 getuk goreng yang
dibuatnya disajikan secara cuma-cuma dan dari rasanya yang khas banyak diminati
oleh para pelanggan, hingga mulai tahun 1924 getuk goreng Sokaraja hasil
karya Bapak San Pirngad mulai diperdagangkan.

PERKEMBANGAN
Seiring berjalannya waktu dan  bertambahnya usia Bapak San Pirngad, usaha getuk goreng sokaraja kemudian diwariskan kepada menantunya yaitu Bapak H. Tohirin. Pada saat usaha getuk goreng ini dipegang oleh Bapak H. Tohirin, getuk goreng Sokaraja memulai masa keemasannya, dimana beliau mulai memproduksi getuk goreng secara besar- baesaran dan menjajakannya di J l. Jendral Soedirman Sokaraja, dari usaha warisan dari Bapak San Pirngad inilah getuk goreng Sokaraja mulai dikenal masyarakat luas, baik dari dalam sokaraja maupun dari daerah luar sokaraja. Dengan metode pengelolaan yang baik dan selalu menjaga kualitas, yang mengakibatkan loyalitas para pelanggan dan menimbulkan brand image pada getuk Sokaraja dengan merek dagang  getuk goreng Asli H. Tohirin

KUALITAS 
Getuk goreng Asli H Tohirin dibuat dari bahan bahan dengan mutu dan kualitas terbaik, dicampur dengan rasa rasa yang lebih beragam. Kualitas getuk goreng Asli H Tohirin sudah tidak di ragukan lagi karena dalam proses pembuatannya masih mempertahankan resep asli sejak dahulu dan masih menggunakan tungku kayu bakar sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang khas. Getuk Goreng ini juga dibuat tanpa bahan pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi sehari- hari.  Kualitas getuk goreng yang tanpa bahan pengawet dan pewarna dapat dibuktikan dengan daya tahan getuk goreng hanya 6 –7 hari, untuk memperkuat getuk goreng Asli H. Tohirin Sokaraja merupakan makanan yang higienis, hal ini dibuktikan dengan terdaftarnya  di DEP. KES. RI. SP. NO.0108/11.07/1989

CARA PEMBUATAN GETUK GORENG
Dengan harga dua puluh lima ribu rupiah perkilo Getuk goreng Sokaraja khas banyumas asli ini cukup ekonomis jika dijadikan sebagai oleh-oleh . makanya anda jangan heran lagi jika anda berlibur atau berkunjung disanak saudara yang berada di Sokaraja atau melewati kota Sokaraja banyumas anda akan mendapatkan pemandangan getuk goreng yang dijajakan di toko-toko getuk atau di pusat oleh-oleh khas banyumas . rasa yang enak , manis dan legit memang patut sebagai oleh-oleh khas dari banyumas untuk keluarga .

Karena banyak nya penggemar dari getuk goreng , getuk goreng Sokaraja kini juga hadir dengan variasi dan kreasi yang cukup menggoda selera . jika awalnya getuk goreng hanya memiliki rasa original dari gula jawa , getuk goreng sekarang sudah memiliki banyak variasi rasa . dari rasa duren dan lain sebagainya . rasa legit dan manis yang khas memang membuat kita ketagihan untuk menikmatinya . Berikut ini adalah cara pembuatan getuk goreng sokaraja.

Bahan-bahan Getuk Goreng Sokaraja Khas Banyumas
  • 1 kilo gram singkong
  • 75 gram tepung beras
  • 1 sendok makan terigu
  • Secukupnya Garam 
  •  
  • 250 Gram Gula jawa atau gula merah 
  • Minyak goreng ( untuk menggoreng )
Cara Membuat Getuk Goreng Sokaraja Khas Banyumas  :
  1. Pertama-tama kupas singkong kemudian buang sabutnya , lalu dipotong-potong dan direbus hingga matang .
  2. Setelah itu iris halus gula jawa lalu tambahkan sedikit air , kemudian rebus hingga gula melumat dan tercampur dengan air .
  3. Saat panas-panas lumatkan singkong dan beri gula sedikit demi sedikit sampai tercampur dengan rata .
  4. Letakan getuk singkong di atas nampan kemudian ratakan dengan tebal 2 centi meter kemudian dipotong kotak-kotak dengan ukuran 5x4 centi meter atau menurut selera , lalu sisihkan .
  5. Selanjutnya campurkan tepung terigu , tepung beras , garam , serta air secukupnya hingga adonan menjadi cukup kental .
  6. Lalu panaskan minyak lalu celupkan getuk ke dalam adonan terigu sebelum terjadi proses penggorengan .
  7. Jika sudah dicelukan ke adonan terigu goreng getuk singkong kedalam minyak yang cukup panas hingga warna berubah menjadi kekuning kuningan , angkat dan tiriskan .
  8. Getuk goreng sokaraja siap dinikmati dengan segelas teh manis hangat atau kopi .
Demikian, artikel mengenai gethuk goreng di sokaraja. Semoga bermanfaat JJ

Sumber referensi artikel :       
- harianresep.blogspot.co.id
-https://ksmtour.com/pusat-oleh-oleh/oleh-oleh-khasbanyumas/getuk-goreng-    sokaraja-tohirin-manis-dan-gurih-khas-banyumas.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini